Sabtu, 26 Mei 2012

PSIKIATRIK SOLUSI YANG MENANTANG






Psikis sebagai bagian dari aspek utuh manusia. Inilah teka-teki yang harus dipecahkan oleh seorang pskiater. Sebuah solusi telah diperkenalkan oleh Segmund Freud, solusi itu ialah psikoanalis.
Dalam novel Erich Segal, dia mengungkapkan betapa psikiatrik bagitu jauh berbeda dengan cabang ilmu kedokteran lainnya, pskiatrik itu destruktif, begitu, erich menyebutnya. Memang benar, seorang kardiolog misalnya, tidak harus dibedah thoraknya(thorax= dada) lebih dulu sebagai syarat, tapi seorang psikoanalisis, harus belajar bagaimana rasanya duduk di  kedua sisi kursi terapi. Dia harus jadi pasien dulu, sebelum menjadi terapis. Unik bukan.
Bidang ini merupakan solusi bagi mereka yang takut dengan darah, jijik dengan cairan-cairan tubuh manusia yang rawan penularan penyakit, dan untuky ang tidak sanggup menusukkan scalpel(pisau bedah) ke tubuh pasiennyaa.
Dan yang lebih menarik, bidang ini semakin dibutuhkan. Mengingat semakin banyaknya manusia, persoalan hidup yang tak pernah ada habisnya, semakin banyak stressor yang dapat memicu meningkatnya tingkat stress banyak orang.

Tidak ada komentar: